Jumat, 14 Februari 2014

AWAS | GUNUNG KELUD ERUPSI


Sejak setatusnya dinaikan dari normal menjadi waspada oleh Kepala PVMBG pada tanggal 2 februari 2014 dan pada tanggal 10 februari 2014 semakin meningkat dari WASPADA level II menjadi SIAGA level III, kamis malam 13/02 pukul 09.36 WIB status Gunung Kelud menjadi AWAS, badan penanggulangan bencana memberlakukan sterilisasi dari radius 5 km hingga 10 km.

Sekitar pukul 10.51 WIB 13/02, telah terjadi erupsi Gunung Kelud terdengar letusan setiap 2 menit sekali
dan sambaran kilat terlihat dilangit-langit dibeberapa kabupaten sekitar Gunung Kelud termasuk kabupaten Malang, pemerintah menghimbau agar warga tetap tenang dan mengefakuasi diri untuk menghindari terjadinya korban jiwa.


Letusan yang mengarah ke selatan dan tenggara, pemerintah kabupaten Blitar menhimbau para warga agar mengungsi kekantor kecamatan guna evakuasi.

Sementara itu, di kabupaten Kediri dan Blitar yang jaraknya berdekatan dengan Gunung Kelud sudah terjadi hujan debu dan kerikil, sesaat setelah Gunung Kelud meletus, masyarakat dihimbau agar memakai masker atau alat pelindung pernafasan lainnya guna menghindari dampak buruk bagi kesehatan dari hujan debu akibat letusan Gunung Kelud.
Ditulis oleh: Faiz Wildan CATATAN GUS WILDAN Updated at : 00.45

0 komentar:

Posting Komentar