Senin, 17 Februari 2014

Jangan Mengeluh, Gunung Kelud Masih Ada Berkah (part 2)

Miris, haru rasanya ketika kami melihat kawan2 membantu saudara kita korban erupsi Gunung kelud. Pelbagai macam elemen turun jalan mengumpulkan bantuan dana maupun logistik. Semoga bagi korban, tidaklah diisi dengan keluhan yang berlebihan. Yaqinlah, Tuhan menyediakan menu yang amat istimewa untuk kehidupan anda selanjutnya.
Dalam jangka pendek, abu vulkanik memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan hidup. Namun, dalam jangka panjang, abu vulkanik memiliki manfaat untuk kehidupan manusia, khususnya di bidang pertanian.
Abu vulkanik memiliki dampak yang buruk dalam jangka pendek karena di awal keluarnya dari kepundan gunung berapi, material ini memiliki sifat kimiawi yang akan menurunkankesuburan tanah.
Abu vulkanik memiliki kadar keasaman (Ph) sekitar4 – 4,3. Dengan kadar keasamannya, tanah yang terkena abu vulkanik akanmemiliki kadar keasaman (Ph) tanah sebesar 5 – 5,5. Padahal normalnya suatutanah dikatakan subur jika memiliki tingkat keasaman (Ph) sebesar 6 – 7.
Turunnya kadar keasaman (Ph) tanah ini akan turutmenurunkan tingkat kesuburan tanah. Sehingga tanah yang terkena abu vulkanikakan mengalami penurunan produktivitas lahan jika dimanfaatkan untuk bidangpertanian.
Di samping itu, dalam jangka pendek, abu vulkanikdapat mengusir hama serangga atau gulma yang biasa menjadi musuh petani. Halini dikarenakan makhluk hidup tersebut tidak dapat hidup dalam suasana terlaluasam, sehingga populasi mereka menurun.
Dalam jangka panjang, abu vulkanik akanmemberikan dampak yang sangat positif bagi peningkatan produktivitas tanah.Saat kadar keasaman dari abu vulkanik telah dapat dinormalisasi melalui prosesalamiah ataupun dengan bantuan manusia menggunakan dolomit atau pengapuran(CaCO3) sebagai penetral, maka kandungan mineral yang tersimpan dalam abuvulkanik akan menjadi pupuk alamiah yang sangat baik untuk perkembangan tanamanpertanian.
Dengan menggunakan metode analisis aktivitasneutron cepat (AANC) terhadap sampel abu vulkanik, didapatkan data kuantitatifatas kandungan mineral yang terkandung di dalam sampel abu vulkanik. Terdapatempat jenis mineral utama yang terkandung di dalam abu vulkanik, diantaranya :Besi (Fe), Aluminium (Al), Magnesium (Mg), Silika (Si).
Keempat mineral tersebut adalah zat hara yangdapat membantu menyuburkan tanaman.
Ditulis oleh: Faiz Wildan CATATAN GUS WILDAN Updated at : 00.27

0 komentar:

Posting Komentar